Maaf kepuasan anda berkurang karena Bloger ini sedang masa perbaikan.. Terimakasih Banyak atas kunjungan Anda

Contoh Pidato tentang Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Share on :
Hai kawan kawan Ajibon, Kali ini Ajibon mau share tentang Contoh Pidato Banaya Narkoba Bagi Pelajar. Langsung saja yukkk....

BAHAYA NARKOBA BAGI PELAJAR SMP





Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sleman
Yang saya hormati Bapak Ibu guru SMP Negeri 3 Sleman
Serta teman-teman yang saya cintai.
Partama tama dan yang utama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini, guna melaksanakan Ujian Praktek Pidato Bahasa Indonesia. Shalawat serta salam semoga tercurah  kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W serta sahabat dan para pengikutnya yang setia semoga kita mendapat syafaat di akhir zaman. Pada kesempatan ini, saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul “ Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dikalangan Pelajar SMP
Hadirin yang berbahagia sebagai mana yang kita dengan dengar lihat dan baca melalui berbagai media masa bahwa penyalah gunaan narkoba telah menjadi permasalahan nasional dan cukup meresahkan. Bahkan penyalahgunaan narkoba tidak hanya terjadi di kalangan dewasa tetapi sudah merambah ke kalangan remaja bahkan anak-anak. Hal demikian sangat memprihatinkan kita semua, mengingat potensi pemuda kita  menjadi sia-sia karena digunakan secara tidak benar dan bertentangan dengan upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Sebenarnya apa yang di maksud narkoba itu ?  Narkoba adalah istilah bahasa Indonesia untuk zat narkotika, psikotropika dan adiktif (obat-obat terlarang dan berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obat tersebut). Penyalahgunaan Narkoba sangat merugikan bagi penggunanya, karena tidak saja mengakibatkan kerusakan fisik melalui terganggunya kerja sistem syaraf otak dan organ tubuh lainnya, namun juga menyebabkan kehancuran mental yang berdampak pada kehidupan psikososial penggunanya.
Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, khususnya dikalangan pelajar adalah sebagai berikut :
1.     Perubahan dalam sikap, dan kepribadian,
2.      Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,
3.     Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,
4.     Sering menguap, mengantuk, dan malas,
5.     Tidak memedulikan kesehatan diri,
6.     Suka mencuri untuk membeli narkoba.
Tentunya kita tidak ingin menjadi salah satu korbannya.
         
Hadirin yang berbahagia,
Masalah penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang komplek, bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan aparat hukum saja,  akan tetapi juga menjadi masalah bagi masyarakat luas. Hal demikian mengingat permasalahan narkoba sangat terkait dengan  masa depan generasi muda, yang berarti masa depan bangsa kita. Tentunya kita pun tidak boleh tinggal diam, mengingat permasalahan ini adalah masalah kita semua. Hanya dengan dukungan aktif semua lapisan masyarakat, maka upaya pencegahan dan penanggulangannya akan membawa suatu hasil.
              Adapun upaya-upaya yang lebih kongkret yang dapat kita lakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin.
              Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang.
              Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, dengan melakukan diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, dan melakukan razia dadakan.
              Yang tak kalah penting adalah, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada siswa. Karena salah satu penyebab terjerumusnya anak-anak ke dalam lingkaran setan ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap, sehingga perbuatan tercela seperti ini pun, akhirnya mereka jalani.
Maka pada keempatan ini saya yang berbahagia ini mengajak kepada rekan rekan atau teman teman pelajar untuk bersama-sama lebih aktif dan peduli untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba. Mari kita gunakan aktu yang positif bagi masadepan kita. Dan secara Tegas hati, pikiran, ucapan, dan tindakan kita mengatakan SAY NO TO DRUGS, KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA
Mari kita wujudkan generasi muda kita menjadi generasi muda yang berkualitas dan penuh prestasi serta bebas dari Narkoba.
Demikian yang dapat saya sampaikan dan apabila selama saya berpidato terdapat tuturkata yang kurang berkenan saya mohon maaf .
Cukup Sekian
Wassalamualaikum Wr.Wb.




1 comments:

Dede A.M said... February 2, 2014 at 12:43 AM

jauhiii narkoba

Post a Comment and Don't Spam!

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.