Sayuran Pencegah Penyakit

Posted by INFO AJIBON on Sunday, May 20, 2012

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran yang cukup, Anda bisa mencegah bahkan mengobati berbagai penyakit kronis sekalipun. Seperti 7 sayuran sederhana yang lezat ini.
Namun, hingga saat ini, keberadaan sayuran masih dianggap remeh. Mungkin ini terjadi karena sayuran mudah didapat dan harganya pun sangat murah. Padahal, menurut banyak penelitian, sayuran segar sebaiknya selalu ada di dapur. Sebab, nutrisi yang terdapat di dalam sayuran ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari flu hingga kanker.
Lalu, apa saja 7 sayuran pencegah penyakit tersebut. Berikut adalah daftarnya:

1. Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, usus, dan perut. Selain itu, brokoli juga mengandung betakaroten, vitamin C, dan folat, sehingga baik untuk meningkatkan kekebalan terhadap penyakit flu.

2. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang paling kaya antioksidan penting seperti vitamin A. Vitamin C pun dapat ditemui di wortel. Mengonsumsi sayuran kesukaan kelinci ini dapat melindungi sistem kardiovaskular dari kerusakan, serta dapat menyehatkan mata, kulit, dan rambut Anda.

3. Ubi

Ubi mengandung bermacam-macam manfaat, salah satunya adalah menyehatkan sistem pencernaan dan memberikan energi karena mengandung serat dan zat besi. Vitamin A, C, dan mangan di dalamnya merupakan zat anti kanker.

4. Terung

Nasunin, salah satu antioksidan yang terkandung dalam terung, dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Sayuran ini juga diyakini dapat mengurangi risiko stroke dan dementia karena kandungan serat dan potassiumnya. Karena itu, terung adalah sayuran yang penting untuk mencegah penyakit-penyakit berbahaya.

5. Paprika

Paprika memiliki banyak warna; merah, kuning, hijau, dan sebagainya. Semua paprika memiliki manfaat yang sama baiknya. Sayuran ini dipercaya dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, usus, kandung kemih, dan pankreas. Tidak hanya itu, paprika juga mengandung lycopene dan asam folat yang baik untuk jantung.

6. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung klorofil dan memiliki hampir semua vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Para ahli mengatakan bahwa pola makan yang banyak mengandung bayam dapat mencegah berbagai penyakit. Misalnya, penyakit jantung hingga kanker usus, termasuk pula arthritis (radang sendi) dan osteoporosis (pengeroposan tulang).

7. Bawang bombay

Tahukah Anda bahwa bawang bombay dapat membantu mengatasi osteoporosis? Kandungan peptida GPCS-nya dapat memperlambat pelepasan kalsium pada tubuh. Selain itu juga ada vitamin C dan folat yang membantu melawan penyakit jantung dan diabetes.

Blog, Updated at: 8:03 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.