Manfaat Daun Sirih

Posted by INFO AJIBON on Sunday, May 20, 2012

Manfaat daun sirih merah! Tahu tanaman sirih merah, kan? Tanaman ini, pada bagian bawahnya berwarna merah mengilap dengan bentuk daun tidak berbeda dengan sirih hijau. Tanamannya menjulur memanjang dan beruas. Rasanya sangat pahit dan aromanya lebih tajam dibandingkan dengan rasa daun sirih hijau.
Meskipun kandungan kimia tanaman ini belum diteliti secara detail, namun dari hasil krematogram diketahui bahwa daun sirih merah mengandung flavonoid, senyawa polevenolad, tanin, dan minyak atsiri.
Efek zat aktif yang terkandung daun sirih merah tersebut dapat merangsang saraf pusat dan daya pikir. Tanaman sirih merah ternyata memiliki kelebihan yang luar bisa dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Bahkan, bagi kaum wanita, tanaman jenis itu dapat membantu menjaga kecantikan.
Tanaman sirih merah (Piper crocatum) termasuk famili piperaceae. Tanaman ini diketahui tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai, yang tumbuh berselang-seling dari batangnya.
Daun sirih merah biasa tumbuh di tempat-tempat yang teduh. Misalnya, di bawah pohon besar yang rindang dan tempat yang hawanya terasa sejuk. Daun sirih merah sudah sejak dulu, yang digunakan oleh para leluhur untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dalam hal ini, sirih merah digunakan untuk menyembuhkan ambeien, keputihan, dan menghilangkan bau mulut. Itu biasa diterapkan di daerah Jawa.
Karena khasiatnya yang benar-benar terbukti, tidak heran apabila tanaman sirih merah kini menjadi primadona yang diidamkan oleh banyak orang. Selain itu, daunnya terlihat eksotis dengan warna merah yang mampu mencuri perhatian. Tanaman  ini juga sangat cocok ditaruh di depan rumah atau dijadikan sebagai hiasan. Bahkan, berkembang suatu keyakinan bahwa tanaman itu bisa memberikan dan menghadirkan kebahagiaan.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih merah bagi kesehatan?
Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun sirih merah.

  1. Diabetes Militus
  2. Jantung Koroner
  3. TBC (Tuberkulosis)
  4. Asam Urat
  5. Kanker Payudara
  6. Kanker Rahim
  7. Kanker darah (leukemia)
  8. Ambeien
  9. Penyakit ginjal
  10. Impotensi
  11. Eksim
  12. Penyakit koreng
  13. Luka bernanah yang sulit disembuhkan
  14. Sakit gigi
  15. Penyakit batuk
  16. Radang pada mata
  17. Radang pada gusi
  18. Radang pada telinga
  19. Radang prostat
  20. Radang lever (hepatitis)

Blog, Updated at: 8:05 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.