Macam Macam Motif / Corak Batik Jogjakarta

Posted by INFO AJIBON on Saturday, March 23, 2013


INFO AJIBON 
 adalah salah satu kotak budaya yang terkenal di Indonesia. Salah satu kerajinan yang tetap lestari sampai saat ini adalah BATIK. Berikut Macam Macam corak batik :


MOTIF BATIK YOGYAKARTA


Kawung
Motif ini dulunya dipakai oleh Raja dan keluarga dekatnya sebagai lambang keadilan dan keperkasaan, Empat bulatan dengan sebuah titik pusat melambangkan Raja didampingi oleh Abdi Dalem. 


Sido Mukti
 oleh pengantin dalam upacara pernikahan. Sido berarti terus menerus. Mukti berarti kecukupan dan penuh kebahagiaan. Diharapkan pengantin yang memakai batik ini kelak akan bahagia dan sejahtera.


Truntum
 ini dipakai oleh orang tua pengantin dalam upacara pernikahan. Truntum berarti menuntun, diharapkan sipemakai/orang tua mempelai mampu memberikan petunjuk dan contoh kepada putra-putrinya untuk memasuki kehidupan baru berumah tangga yang penuh liku-liku.


Ciptoning
 pemakainya menjadi orang yang bijak, mampu memberikan petunjuk tentang keluhuran budi dari jalan yang benar sesuai dengan Yang Maha Kuasa


Sido Mulyo
 dharma, kemakmuran dan melindungi buminya. 


Sido Mulyo Semen
 berarti terus-menerus, sedangkan mulyo berarti kecukupan dan kemakmuran. Diharapkan yang memakai batik ini diberikan kecukupan dan kemakmuran.



Wahyu Temurun
  selalu mendapatkan petunjuk dalam menghadapi kehidupan oleh Yang Maha Kuasa.


Tambal
 berarti memperbaiki / menambah sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Ada kepercayaan bahwa orang sakit bila diselimuti batik ini akan lekas sembuh. Kalau sekarang tentunya ditambah minum obat, ke dokter dan berdoa ke Allah swt kalau ingin cepat sembuh


Udan Liris
 liris berarti hujan gerimis, merupakan simbol kesuburan. 


Nitik
Diharapkan pemakai kain motif ini menjadi orang yang bijaksana



Parang
 berarti senjata, menggambarkan kekuasaan.



Ceplok Kasatrian
 batik ini diharapkan agar terlihat gagah dan memiliki sifat kesatria

Blog, Updated at: 12:23 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.