Bisnis Belut dan Sidat

Posted by INFO AJIBON on Saturday, February 23, 2013



Judul               :     Budidaya Belut Dan Sidat
Penulis           :       B. Sarwono
Penerbit                     :       Penebar Swadaya                      
Kota Terbit     :      Jakarta
Tahun cetak   :      2011
Tebal buku     :       iv + 116
Cetakan          :       01


BUDIDAYA BELUT DAN SIDAT

           
Belut dan sidat sudah menjadi salah satu komoditas utama di Indonesia dan dunia. Cita rasa dari kedua jenis ikan ini sangat lezat dan gurih sehingga membuat banyak pihak menyukainya, baik dari dalam negri maupun luar negri. Permintaan keduanya dari Hongkong, Taiwan, Jepang dan Eropa kian meningkat. Bahkan, di Jepang sidat menjadi ikan golongan kelas satu. Namun, tingginya permintaan tidak di sertai dengan pasokan dari dalam negri.
            Kebutuhan belut sebagai salah satu ikan konsumsi dalam negri sangat tinggi. Selain itu sejak awal tahun 1980-an, Hongkong sudah mengimpor belut dari indonesia. Pengiriman berlangsung rutin 2-3 kali seminggu dalam bentuk segar sebanyak 1,5-2,0 ton. Selain Hongkong, , Taiwan, Jepang dan Eropa juga meminta pasokan belut dari Indonesia. Belut di kirim menggunakan kapal kargo udara dalam bentuk hidup.
Selain belut, sidat juga sangat potensial diekspor sebagai komoditas perikanan. Harga sidat hidup di pasaran internasional relatif tinggi, bisa mencapai Rp500.000,00/kg. Di antara enam jenis sidat yang terdapat di indonesia, yang potensial di kembangkan adalah sidat kembang (Anguilla marmorata) yang notabene memiliki daging selezat sidat eropa (Anguilla anguilla).
Akan tetapi, sebagian besar belut dan sidat yang diekspor  itu masih merupakan hasil tangkapan dari alam, belum ada yang berasal dari hasil budidaya. Oleh karena itu untuk memenuhi permintaan pasar domestik maupun luar negri di perlikan usaha budidaya.
Maka dari itu buku ini hadir untuk mengajarkan kepada para pembaca untuk meraih peluang peluang tersebut. Buku ini cocok bagi mereka yang ingin membudidayakan atau pengusaha pemula belut dan sidat. Buku ini disusun dengаn isinyа yаng dimаksudkаn untuk memberikаn pedomаn dаn аrаhаn kepаdа pembaca dаlаm belаjаr membudidayakan belut dan sidat secаrа mudаh, lengkаp, jelаs, dаn kronologis.
Selain itu di dalam buku ini terdapat contoh contoh bisnis makanan yang bisa di hasilkan dari belut dan sidat itu sendiri. Buku ini tergolong buku pengetahuan yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas.
Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain, gambar yang berwarna dan ilustrasi yang menarik.
Pada buku ini, disamping memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan didalamnya yakni, gambar yang disajikan pada buku ini sedikit sehingga bisa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para pembaca dalam mengkaji buku tersebut karena terlalu banyak tulisan. Selain itu, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus sehingga mudah cacat atau robek.

Walaupun ada kekurangan yang ada dalam buku ini, tetapi diharap buku ini dapat menjadi pedoman bagi pembaca. Selain menarik, buku ini juga memberi pembelajaraan yang sangat mendetail. Semoga setelah membaca buku “ BUDIDAYA BELUT DAN SIDAT“ pembaca dapat memperoleh hasil yang maksimal. Semoga buku ini bermanfaat bagi anda.


           

Blog, Updated at: 11:55 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.