Sumber Energi Terbaharui Modern saat ini

Posted by INFO AJIBON on Friday, May 18, 2012

Energi Geothermal
Energi geothermal berasal dari penguraian radioaktif di pusat bumi, yang membuat bumi panas dari dalam dan dari matahari yang membuat panas permukaan bumi. Dia dapat digunakan dengan 3 cara:
Listrik geothermal
Pemasan geothermal melalui pipa ke dalam bumi
Pemanasan geothermal melalui sebuah pompa panas.
Energi Surya
Karena kebanyakan energi terbaharui pusatnya adalah “energi surya” sedikit membingungkan, namun yang dimaksud disini adalah energi yang dikumpulkan langsung dari cahaya matahari.
Tenaga surya dapat digunakan untuk :
  • Menghasilkan listrik menggunakan sel surya
  • Menghasilkan listrik menggunakan pembangkit
Tenaga panas surya
  • Menghasilkan listrik menggunakan menara surya
  • Memanaskan gedung secara langsung
  • Memanaskan gedung melalui pompa panas
  • Memanaskan makanan menggunakan oven surya.
Energi Angin
Karena matahari memanaskn permukaan bumi secara tidak merata, maka terbentuklah angin. Energi kinetik dari angin dapat digunakan untuk menjalankan turbin angin, beberapa mampu memproduksi tenaga 5 mw.
Tenaga keluaran adalah fungsi kubus dari kecepatan angin, maka turbin tersebut tidak membutuhkan angin dalam kisaran 5,5 m/ detik (20 km/jam) dan dalam praktek sangat sedikit wilayah yang memiliki angin yang bertiup terus menerus, namun begitu di daerah pesisir/ daerah ketinggian tersedia angin yang cukup konstan.
Pada tahun 2005 telah ada ribuan turbin angin yang beroperasi di beberapa bagian dunia dengan perusahaan “utility” memiliki kapasitas total lebih dari 47.317 MWL1. Kapasitas merupakan output max yang memungkinkan dan tidak menghitung “load factor”
Ladang angin baru dan taman angin lepas pantai telah direncanakan dan dibuat di seluruh dunia. Ini merupakan cara penyediaan listrik yang tubuh dengan cepat di abad ke-21 dan menyediakan tambahan bagi stasiun pembangkit listrik utama. Kebanyakan turbin yang digunakan menghasilkan listrik sekitar 25% dari waktu (load factor 25%) tetapi beberapa mencapai 35% load factor biasanya lebih tinggi pada musim dingin. Ini berarti bahwa turbin 5 MW dapat memiliki output rata-rata 1,7 MW daam kasus terbaik.
Tenaga Air
Energi air dapat digunakan dalam bentuk gerak/ perbedaan suhu, karena air ribuan kali lebih berat dari udara, maka aliran air yang pelan pun dapat menghasilkan sejumlah energi yang besar.
Contoh energi terbaharui diantaranya kendaraan listrik, perahu listrik dll

Blog, Updated at: 2:19 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.