Penyebab Komputer Hang

Posted by INFO AJIBON on Thursday, May 17, 2012

Pengertian hang komputer dibahas sebelumnya, sekarang mari kita ketahui apa yang menjadi penyebab komputer hang.

Penyebab Komputer HangHardware merupakan salah satu penyebab komputer hang, baik karena mengalami kerusakan atau karena tidak cocok dengan perangkat keras lain di komputer, hal ini terjadi ketika pengguna melakukan upgrade perangkat keras ke tingkat yang lebih tinggi. Kerusakan hardware dapat juga disebabkan karena telah mencapai batas waktunya atau karena kotoran dan panas yang tinggi. Kartu grafis, RAM,  Motherboard merupakan beberapa contoh hardware yang dapat menyebabkan komputer hang jika tidak cocok satu sama-lain.

Penyebab hang lainnya adalah ketika suatu aplikasi berebut proses secara bersamaan. Satu proses dapat dilanjutkan ke proses kedua kemudian menghentikan eksekusi sampai menerima tanggapan. Jika proses kedua sibuk, sinyal akan dipaksa untuk menunggu sampai proses tersebut dapat sampai ke tujuan. Namun, jika proses kedua sibuk mengirimkan sinyal ke proses pertama maka kedua proses akan menunggu selamanya untuk merespon sinyal dan tidak pernah melihat sinyal lain (peristiwa ini dikenal sebagai kebuntuan). Jika proses tidak berhenti, mereka akan hang dan harus ditutup dengan paksa. *maaf ya, untuk point kedua ini memang agak membingungkan*
Menurut wikipedia, Komputer atau laptop mungkin seperti sedang mengalami hang, namun sebenarnya tidak, hanya saja membutuhkan proses yang lambat. Ini disebabkan karena terlalu banyak program atau aplikasi yang sedang berjalan sekaligus, namun tidak didukung oleh memori (RAM) yang memadai atau perangkat keras lain yang lambat. Lambatnya proses ini dapat juga disebabkan oleh perangkat lunak atau software yang tidak diinginkan yang diam-diam memakan banyak memori, misalnya seperti Virus atau Spyware.
Semoga sedikit penjelasan mengenai penyebab komputer hang di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan.

Blog, Updated at: 6:46 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.