cara mengatur konfigurasi sistem dos

Posted by INFO AJIBON on Thursday, May 17, 2012

Kapan kita membutuhkan konfigurasi DOS? Konfigurasi sistem DOS dilakukan bila sistem yang telah ada tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam hal ini komputer berguna untuk membantu kerja manusia, bukan malah sebaliknya membuat ribet. Oleh karena itu, diperlukan konfigurasi sistem yang tepat berdasarkan kebutuhan. Jenis perintah dan manfaatkan yang bisa kita dapatkan dari pengaturan konfigurasi sistem adalah:
  1. Mengubah cara penulisan tanggal dan jam yang sesuai dengan suatu negara.
  2. Untuk memperbesar ukuran cadangan memori di dalam komputer.
  3. Untuk memberitahu komputer bila akan digunakan tambahan peralatan.
  4. Untuk meningkatkan kemampuan kerja keyboard dan monitor.
Konfigurasi sistem DOS diatur dalam sebuah file yang diberi nama CONFIG.SYS. Untuk menjalankan konfigurasi sistem DOS, file ini harus berada pada disket sistem DOS yang digunakan untuk melakukan booting. Beberapa perintah untuk mengatur konfigurasi sistem DOS antara lain:

1. FILES

Inilah perintah konfigurasi yang digunakan untuk mengatur jumlah file yang dapat dibuka sekaligus pada saat bersamaan. Bentuk penulisannya adalah: Files=n. n adalah jumlah file yang dimaksud.
Contoh: untuk program Wordstar dibutuhkan jumlah FILES paling sedikit 30 sehingga perintah ini menjadi FILES=30.

2. BUFFER

Perintah konfigurasi yang dipakai untuk menentukan memori cadangan komputer. Bentuk penulisannya adalah BUFFERS=n. n adalah jumlah blok memori dengan catatan 1 blok=528 bytes.
Contoh: untuk program Wordstar diperlukan jumlah buffer paling sedikit 20 blok sehingga perintah ini menjadi BUFFER=20.

3. DEVICE

Perintah konfigurasi yang digunakan untuk memberitahukan bila digunakan tambahan peralatan (driver) pada komputer. Jika perintah ini diberikan nama file driver akan dibaca dan dimasukkan ke dalam RAM. Bentuk penulisannya adalah: DEVICE=driver. Dengan catatan driver adalah nama file yang akan didefinisikan.

Blog, Updated at: 6:30 AM

0 comments:

Post a Comment

Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.