MENOLONG SI BUTA
Jumlah peserta : Bebas
Alat dan bahan : Kacamata hitam , kertas , alat tulis dan benda yang ada di sekitarnya
Cara bermain :
1. Pemimpin permainan meminta satu peserta menjadi pemeran "SI BUTA" dan memintanya untuk menggunakan kacamata hitam .
2. Pemimpin membuat 2 garis di tepi kiri dan kanan sebagai garis yang akan di lalui si buta .
3. Pemimpin meminta peserta lain menggunakan daya imajinasinya, bagaimana menolong ''si buta" agar mampu berjalan dari tepi kanan ke tepi kiri / sebaliknya , tanpa menggunakan benda yang di sediakan
4. Pada umumnya, akan muncul ide ide kreatif atau unuk dari peserta . Misalnya: Memberi tulisan "Tolong Saya" yang di tempel di dada "SI BUTA" atau menggunakan bunyi bunyi dari benda yang di pukul.
5. sai permainan, Pemimpin mengajak Peserta berdiskusi tentang makna permainan
Makna Permainan:
Ketika menghadapi seseorang yang kesulitan, banyak cara yang dapat kita lakukan . Semuanya Tidak ada yang salah . Namun, Kita perlu inggat Bagaimana menemukan cara menolong orang yang membuat ia tidak selamanya tergantung pada kita .
PATUNG PATUNGAN
Jumlah Peserta : Bebas
Alat dan bahan : -
Cara Bermain:
1. Pemimpin permainan meminta peserta berdiri dan berpasangan
2. Setiap pasangan akan melakukan peran sebagai "PATUNG" dan "PEMATUNG"
3. Hanya dengan menggunakan jari telunjuk (Tanpa Menyentuh tubuh), Pematung bisa memerintahkan pemeran patung untuk melakukan gerakan tertentu. Pemeran patung harus menuruti gerakan yang di inginkan Pematung .
4. Setiap bentuk gerakan yang di lakukan Pemeran Patung di pertahankan hingga Pematung Selesai membuat bentuk patung, Misalnya Tangan menengadah, Kaki kiri di angkat, Lidah di julurkan , Dll
5. Demikian seterusnya dan di lakukan bergantian Hingga setiap pasangan merasakan peran yang berbeda
Makna Permainan:
Permainan melatih Kreativitas gerakan dan daya tahan untuk mempertahankan setiap gerakan . Gerakan Gerakan yang di timbulkan umumnya mengandung canda dan tawa dan pertemuan menjadi segar kembali
HANYA SATU MENIT
Jumlah Peserta : Bebas
Alat dan bahan : -
Cara bermain :
1. Pemimpin meminta peserta memejamkan mata
2. Pemimpin meminta peserta menghitung dalam hati perkiraan 60 detik (1 menit)
3. Peserta yang merasa sudah menghitung dalam satu menit lalu berdiri
4. Peserta yang berhasil adalah peserta yang menitannya paling pas atau hampir 1 menit
Makna permainam:
Dari permainan yang sangat sederhana, peserta dapat melatih konsentrasi dan kemampuan memperkirakan waktu dengan benar
INI TES 2 MENIT
Jumlah Peserta : Bebas
Alat dan bahan : Lembar tes 2 menit
Cara bermain :
1. Pemimpin Menyiapkan lembar tes 2 menit yang di kopi semua peserta
2. Isilah tes 2 menit Yang berisi 11 Soal
Soalnya yaitu :
a. Sebelum mengerjakan semua soal di bawah ini baca dulu semua perintah yang ada
b. Tulislah nama dan tanda tanganmu di sebelah kanan atas
c. Hitunglah 8x2:4
d. Tulislah nama makanan kesukaanmu
e. Tulislah tempat tanggal lahirmu
f. Tulislah kelebuhan dan kelemahan yang ada di dalam dirimu
g. Gambarlah sebuah segitiga yang berada di dalam lingkaran
h. Hitunglah luas segitiga jika alas=6cm dan lebar=3cm.
i . Berteriaklah HOREE jika soal H sudah anda kerjakan
j. Lipatlah kertas ini menjadi lipatan kecil
k. Setelah membaca semua nomor, kerjakan nomor 2 saja
3. Bagilah kertas 2 menit dalam keadaan tertutup . Sebelum di mulai katakan pada peserta agar Teliti dan mengerjakan soal dengan cepat , waktunya hanya 2 menit .
4. Buatlah suasana tegang dan selalu mengulang ulang batas waktu
5. Peserta yang teliti hanya mengerjakan soal nomor 2 , sedangkan peserta yang terburu buru akan mengerjakan semua soal
6. Satelah 2 menit tanyakan Siapa saja Peserta yang salah melakukan perintah dan siap saja yang benar
7. Jika yang salah bisa di beri hukuman
Makna Permainan:
Saat menerima informasi apalagi dalam keadaan situasi terburu buru kita terkadang kita tidak mencernanya terlebih dahulu , Tetapi langsung mengerjakannya . Padahal kita di tuntut agar tetap bisa teliti dan pandai mengontrol diri
KAKI TERIKAT
Jumlah peserta : Bebas
Alat dan Bahan : Kain atau pengikat talli
Cara bermain:
1. Pemimpin permainan Meminta peserta untuk memilih pasangan dan membagikan kain atau tali kepada peserta
2. Pemimpin memberikan informasi bahwa mereka akan mengikuti lomba lari dengan kedua kaki di ikat
3. Masing masing pasangan salah salu kakinya di ikat satu sama lain dan berdiri di garis START . Setelah pemimpin memberi aba aba, Mereke berlomba menuju garis FINISH
Makna permainan:
Lewat permainan ini , Kerjasama peserta di bangun karena ia harus memperhatikan kemampuan pasangannya dalam berlari
SEKIAN YANG BISA SAMPAIKAN
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR
Permainan kreatif untuk outbond dan training
Posted by INFO AJIBON on Thursday, August 2, 2012
Blog, Updated at: 1:49 AM
Blog Ini Di Dukung Oleh Hak Cipta. Powered by Blogger.
makasih yaaa :)
ReplyDeletesaya lagi butuh banget games2 seru seperti ini
ok sama sama
DeleteSemoga artikel tersebut bermanfaat :)